Tentang "Anda"

ditulis oleh: Ali Hasan Asyari

Pernahkah Sobatku memanggil atau menyapa bos/senior/guru/dan sebagainya, dengan sebutan "Anda"?

Sebenarnya, ini kata sapaan yang sangat unik karena bisa mewakili kata "kamu" dengan agak sopan. Mengapa begitu?

Menurut KBBI, kata "Anda" diartikan sebagai sapaan untuk orang yang diajak berbicara atau berkomunikasi (tidak membedakan tingkat, kedudukan, dan umur). Berarti, kata ini bisa digunakan untuk menyapa dengan "sopan" kepada orang yang lebih tua dari kita.

Dalam bahasa Inggris, tidak ada perbedaan antara "kamu" dan "Anda". Keduanya sama-sama "you". Namun, untuk sebagian bahasa, mengenal dua bentuk kata ganti orang kedua tunggal (kamu dan Anda dalam bahasa Indonesia) dengan dalih "untuk kesopanan" juga. Dengan kata lain, satu kata digunakan untuk menyapa seseorang yang sudah dikenal akrab (informal), satu lagi digunakan dalam konteks yang lebih formal atau kepada orang yang lebih tua, sebagai bentuk kesopanan.

Contoh:

anta/anti (kamu) - antum (Anda) -> bahasa Arab

du (kamu) - sie (Anda) -> bahasa Jerman

tu (kamu) - vous (Anda) -> bahasa Prancis

dan sebagainya.


Kembali lagi pada pertanyaan awal? Di Indonesia, lazimkah kita menyapa "Anda" kepada orang yang lebih tua dari kita?

Sebenarnya, kembali ke fungsi sebelumnya bahwa kata "Anda" lazim digunakan kepada orang yang lebih tua. Namun, bahasa Indonesia mengenal banyak kata sapaan. Seperti, Pak, Bu, Bang, Mas, Mba, Kang, Kak, Dik, dan sebagainya. Ini membuat kata "Anda" kurang lazim digunakan karena "tradisi" di Indonesia yang sangat kental dengan sopan santun. 

Benarkah begitu? Coba saja sapa gurumu dengan kata "Anda". Lihat reaksinya. Hehe.

Kata "Anda" di Indonesia ini menjadi eksklusif dan unik. Tradisi ini menjadikan Indonesia dikenal dengan masyarakat yang ramah, santun, dan sopan. Dengan hal ini, kata "Anda" ini hanya bisa digunakan oleh orang yang setara, baik secara pendidikan, jabatan, atau status, dan dari orang yang lebih tua ke orang yang lebih muda. Kita bisa mengganti kata "Anda" dengan sapaan yang lain. Justru kita bisa dianggap tidak sopan kalau salah menggunakan kata "Anda". 

Ini menjadikan kata "Anda" tidak sama konteksnya dengan kata "Anda" di dalam KBBI. Artinya, kita tidak mesti ikut KBBI karena konteksnya lebih kepada bahasa asing.

Tetap menjadi masyarakat tampan dan ramah, ya!


Oh iya, sedikit saja, huruf "A" dalam kata "Anda" wajib huruf kapital. Kata "Anda" sama seperti kata sapaan lain, seperti Pak, Bu, Bang, Mas, Mba, Kang, Kak, Dik, dan sebagainya. Sekali lagi, selalu diawali dengan huruf kapital.

Artikel yang berkaitan
Komentar