Serba-Serbi Slogan: Membaca adalah Jendela Dunia

ditulis oleh: Meilani Puji Astini

Hai sobat Aku Bahasa! Sudah tak asing dong dengan kata-kata tersebut? Kira-kira disebut apakah kata-kata itu? Yap, slogan! Tahukan Anda apa itu slogan? Yuk, simak baik-baik penjelasan artikel ini, ya! 

Menurut KBBI V slogan merupakan perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu. Pada dasarnya sifatnya memang untuk menyampaikan informasi, mengimbau, memotivasi, dan memengaruhi. Slogan memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 

1. Menyajikan fakta secara cermat, jujur, netral, sistematis, dan tepat.

2. Tidak terikat pada pola dan ketentuan yang berlaku pada masyarakat ilmuan.

3. Karangan ilmiah populer tidak perlu menggunakan sumber referensi atau catatan kaki.

4. Tidak memuat lampiran data pembuktian atau simpulan hasil penemuan.

5. Jangkauan pembacanya adalah masyarakat umum bukan golongan ilmuan atau cendekiawan.

Penyajian slogan pun harus dibungkus kian menarik. Penyajian tersebut harus singkat, padat, dan jelas. Dalam penyajian slogan harus memuat visi misi yang jelas dengan menggunakan diksi yang menarik dan mudah diingat. Selain itu, slogan dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut. 

1. Slogan Pendidikan 

Slogan pendidikan tentunya banyak ditemukan di sekolah. Seperti contoh yang disajikan sebelumnya itulah yang termasuk ke dalam slogan pendidikan. Mengapa demikian? Karena slogan tersebut memiliki tujuan agar setiap orang khususnya siswa menyukai kegiatan membaca dan pastinya hal tersebut akan menjadikannya sebagai siswa yang memiliki pengetahuan yang luas. 

2. Slogan Kesehatan 

Ayo, bagaimana biasanya bunyi slogan kesehatan yang sering sobat Aku Bahasa jumpai? Baiklah, berikut ini contohnya "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat" sudah tak asingkan dengan slogan tersebut? 

Slogan kesehatan ini bertujuan untuk mengimbau masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan. 

3. Slogan Lingkungan 

Slogan lingkungan ini biasanya banyak dijumpai di tempat pembuangan sampah, lapangan umum, pinggir jalan, dll. Tujuan slogan lingkungan ini adalah mengingatkan masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan di mana saja. Berikut contoh slogan lingkungan "Katakan untuk tidak membuang sampah sembarangan" Hayo, siapa yang buang sampah sembarangan? Yuk, simpan pada tempatnya. 

4. Slogan Produk 

Slogan produk ini biasa kita sebut sebagai iklan. Slogan ini menyajikan kata-kata yang menarik agar kita ingat terus dengan produk yang ditawarkan. Contoh slogan produk ini berbunyi "K** jagonya ayam!" Pasti sudah hapal betul dong dengan contoh slogan itu, ya?^^


Nah, itu penjelasan singkat slogan. Semoga ini dapat menambah wawasan sobat Aku Bahasa, ya! 

Yuk, berikan komentarmu dengan slogan-slogan yang sering dijumpai!

Artikel yang berkaitan
Komentar