Menakwilkan Preposisi

ditulis oleh: Ali Hasan Asyari

Kata depan sering digunakan, tetapi sering juga salah dalam menuliskannya. Apakah kamu salah satunya? Sebelum itu, mari kita mengenal lebih dalam tentang preposisi.

Apa itu preposisi? Singkatnya, preposisi adalah kata depan. Detail penjelasannya, preposisi adalah kata yang merangkaikan kata-kata atau bagian kalimat dan biasanya diikuti oleh nomina atau pronomina. Preposisi bisa berbentuk kata, misalnya “di” dan “untuk”, atau gabungan kata, misalnya “bersama” atau “sampai dengan”.

Kasus kesalahan penulisan preposisi ini banyak sekali. Hal ini karena banyak penulis yang masih menyepelekan penggunaan preposisi. Kok, bisa? Ya, mungkin penulisan preposisi ini dianggap sudah wajar dan mengerti oleh pembaca. Padahal, kesalahan penulisan yang sepele ini bisa berdampak cukup fatal. Apalagi tulisannya sudah dipublikasi ke media internet yang cakupannya ke seluruh dunia. Seandainya ada orang asing yang ingin belajar bahasa Indonesia melalui tulisanmu, akan menjadi bingung. Hal ini bisa menjadi acuan untuk kita selalu berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sebenarnya, ada beberapa kategori penggunaan preposisi. Penggolongan ini bervariasi, tergantung rujukan yang digunakan. Penggolongan preposisi dapat digunakan sebagai berikut.

1.  Preposisi yang menandai tempat. Misalnya di, ke, dari.

2.  Preposisi yang menandai maksud dan tujuan. Misalnya untuk, guna.

3.  Preposisi yang menandai waktu. Misalnya hingga, hampir.

4.  Preposisi yang menandai sebab. Misalnya demi, atas.

Kesalahan yang sering terjadi, yakni pada penulisan kata depan “di”, “ke”, dan “dari”. Berikut contoh kata depan yang sering salah digunakan.

BiasanyaSeharusnya
DimanaDi mana
DisanaDi sini
DibawahDi bawah
KeatasKe atas
KesiniKe sini


Kecuali untuk beberapa penggunaan kata, seperti kepada, keluar, kemari, daripada.

Kesalahan mendasar dalam menuliskan kata depan, seperti “di” dan “ke” terus saja terjadi. Kerancuan penulisan dengan “di” sebagai pembentuk kata kerja pasif dituding sebagai penyebabnya. Justru hal inilah yang perlu kita cermati dan bisa menghindari kesalahan mendasar seperti ini. Kesalahan kecil yang dianggap tidak penting menunjukan kepribadian seseorang karena sesungguhnya bahasa menunjukkan siapa diri kita.

Ayo, selalu memperhatikan bahasa Indonesia! Ingat, ya. Ke sini bukan kesini.


TAMBAHAN

Adapun senarai preposisi di dalam bahasa Indonesia.

AkanBersama-samaGunaLewatSebagaiTerhadap
AkibatBesertaHinggaMelaluiSecaraUntuk
AntaraBuatIbaratMengenaiSedari
AtasDalamKarenaOlehSejak
BagaiDariKePadaSelain
BagaikanDaripadaKecualiPerihalSemacam
BagiDemiKepadaPerkaraSemenjak
BakDenganKetimbangSakingSeperti
BerkatDiLaksanaSampaiTanpa
BersamaGara-garaLantaranSebabTentang

Coba berikan satu contoh penggunaan preposisi pada senarai tersebut. Ayo!

Artikel yang berkaitan
Komentar