Membuat Surat Lamaran Pekerjaan (Bagian ll)

ditulis oleh: Ali Hasan Asyari

Halo! Sedang menunggu artikel kami yang terbaru, kan? Nah, kebetulan kami akan meneruskan pembahasan mengenai pembuatan surat lamaran. Bagi yang belum membaca bagian yang pertama, silakan kunjungi tautan ini, ya!

Membuat Surat Lamaran Pekerjaan (Bagian I)

Pembahasan sebelumnya, dijelaskan tujuan dibuat surat lamaran dan struktur surat lamaran. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagian-bagian struktur surat lamaran secara detail.

a. Tempat dan Tanggal Surat

Bagian ini merupakan keterangan yang menjelaskan lokasi dan waktu dibuatnya surat lamaran. Tempat dan tanggal surat, umumnya ditulis di bagian kanan atas, yakni sejajar dengan bagian hal. Penulisannya, nama tempat dibuat surat mendahului waktu dibuat surat. Kemudian, dipisahkan oleh tanda koma dan tidak perlu diakhiri oleh tanda titik. Selain itu, penulisan nama bulan tidak boleh menggunakan angka. Misalnya, bulan Februari ditulis dengan angka 2 atau 02.

Contoh:

Penulisan yang benar
Penulisan yang salah
Bandung, 13 Februari 2020
Bandung, 13 Februari 2020.
Jakarta, 17 Agustus 1945
Jakarta 17 Agustus 1945
Semarang, 28 Mei 2007
Semarang, 28-05-2007


b. Hal Surat

Hal ini bermaksud soal atau perkara yang disampaikan dalam surat lamaran. Tentunya, karena untuk membuat surat lamaran, hal nya pun pasti untuk melamar pekerjaan. Keterangan tersebut bisa diperjelas dengan menyebut posisi pekerjaan yang dilamar.

Seperti penjelasan di bagian tempat dan tanggal surat, posisi hal ini sejajar dengan bagiannya. Jika, keterangan hal terlalu panjang, penulisannya bisa dibuat dua baris.

Contoh:

Hal : lamaran pekerjaan
Hal : lamaran pekerjaan untuk posisi
         sekretaris HRD

Namun, yang sering menjadi pertanyaan, apakah "hal", "perihal", dan "hal/perihal" sama? Secara makna, kata "perihal" sama maknanya dengan "hal". Maka, bisa memakai salah satunya. Bagaimana dengan "hal/perihal"? Ini jelas lewah. Jadi, cukup menggunakan "hal" atau "perihal" saja, ya. Penulisannya tidak menggunakan tanda titik diakhir keterangan. 

Contoh:

Penulisan yang benar
Penulisan yang salah
Hal : lamaran pekerjaan
Hal/Perihal : lamaran pekerjaan

Hal : lamaran pekerjaan untuk posisi

         sekretaris HRD

Hal : lamaran pekerjaan untuk posisi

         sekretaris HRD.


c. Lampiran

Lampiran merupakan dokumen pelengkap, pendukung, dan penjelas selain surat itu sendiri. Lampiran yang ditulis dalam surat berarti menjelaskan berapa jumlah dokumen yang disertakan dalam surat tersebut. Jika dokumen yang disertakan berjumlah dua dokumen, dalam surat disebutkan 2 lembar.

Dokumen yang biasa disertakan dalam surat yaitu, daftar riwayat hidup, pasfoto, salinan KTP, salinan transkrip nilai, salinan ijazah, surat keterangan dari dokter, surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian, surat keterangan pencari kerja, dan surat referensi/rekomendasi.

Contoh:

Penulisan yang benar
Penulisan yang salah
Lampiran : tiga lembar
Lampiran : 3 (tiga) lembar
Lampiran : 10 lembar
Lampiran : 10 lembar.


Bagaimana? Ayo, siapa yang masih keliru dalam menulis bagian-bagian yang telah dijelaskan? Nah, untuk penjelasan selanjutnya, akan dilanjutkan di artikel membuat surat lamaran pekerjaan (bagian III). Maka dari itu, tetap pantengin web kami, ya! Salam #LiterasiMemesat.

Artikel yang berkaitan
Komentar