Membuat Surat Lamaran Pekerjaan (Bagian I)

ditulis oleh: Ali Hasan Asyari

Melamar pekerjaan menjadi suatu yang pasti dilewati selain melamar si dia :")

Tentunya, perlu dituliskan melalui surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan (pelamar) kepada orang atau pejabat suatu perusahaan yang dapat memberikan pekerjaan. Surat lamaran kerja berisi penawaran keahlian, kemampuan, atau jasa terhadap suatu perusahaan atau instansi tertentu. Oleh karena itu, dalam membuat surat lamaran pekerjaan tentunya harus hati-hati dan sungguh-sungguh supaya menjadi pertimbangan perusahaan.

Sebagai gambaran, ini contoh surat lamaran pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan berfungsi sebagai langkah pembuka bagi seseorang untuk bekerja di suatu perusahaan atau instansi. Sebenarnya, surat lamaran pekerjaan tergolong surat menjual. Apabila menarik, pihak terlamar tentu saja akan mengundang pelamar datang ke tempat kerjanya. Oleh karena itu, surat lamaran pekerjaan harus ditulis dengan persuasif, seperti tunjukkan keyakinan diri, sampaikanlah kemampuan dan keahlian yang dimiliki, serta jelaskan kualifikasi diri sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Selain itu, isi surat lamaran pekerjaan harus singkat, padat, dan jelas. Setidaknya harus satu lembar dan tidak boleh lebih. Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam isi surat lamaran: jabatan yang diinginkan; identitas pelamar (nama lengkap, alamat, status, pendidikan); kualifikasi pelamar (latar belakang pendidikan, pengalaman bekerja, dan keahlian).

Banyak yang harus disampaikan, tapi tetap harus satu lembar? Bagaimana caranya? Surat lamaran pekerjaan perlu dilampirkan oleh inti hal yang telah disebutkan sebelumnya, seperti fotokopi ijazah, daftar riwayat hidup (curriculum vitae), fotokopi transkrip nilai, fotokopi KTP, surat tanda pencari kerja, surat referensi, surat keterangan berkelakuan baik dari polisi, surat keterangan sehat, surat izin orang tua/wali, dan pasfoto terakhir.

Setelah itu, kita pun harus mengerti tentang struktur surat lamaran pekerjaan. Struktur lamaran kerja meliputi bagian tempat dan tanggal surat, hal, lampiran, alamat surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan tanda tangan/nama jelas.

Gambar struktur surat lamaran

Penjelasan tentang bagian tersebut, akan kita jelaskan di bagian selanjutnya, ya! Oleh karena itu, tetap diam di Aku Bahasa, supaya literasi kamu #MakinMemesat :D

Sebelum pamit, coba kamu tentukan bagian-bagian surat lamaran dari contoh surat lamaran di atas. Ayo!

Artikel yang berkaitan
Komentar