Kebiasaan "K" sebagai Pengganti "Ribu"

ditulis oleh: Ali Hasan Asyari

Enak dipandang dan sederhana digunakan. Di cafe atau di warung tempat kita jajan setiap siang, selalu kita temukan "Thai Tea 10K", "Ayam Geprek 15K", "Makroni Basah 7K", dan sebagainya. Namun, apakah Sobatku tahu bagaimana awal mula penggunaan "K" yang selalu mewakili kata "ribu"?

Ini pembahasan menarik lainnya karena sebenarnya "K" ini singkatan dari “kilo-” (ribu) sebagai salah satu unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités). Masih ingat, ada kilometer sebagai satuan jarak, kemudian kilogram sebagai satuan berat. Dalam tingkatan, kilo sama dengan 1.000 gram dan 1.000 meter.

Aku menemukan pembahasan menarik lainnya di quora tentang penggunaan "K" ini. Menurut Revi Soekatno, orang Australia, yang sering mempopulerkannya. Melalui serial Australia The Bush Tucker Man, tentang makanan hutan di Australia oleh Les Hiddins. Dalam ceritanya, Les kalau mengatakan jarak itu menggunakan kata “K”, misalnya “It’s two hundred K to Darwin.” Maksudnya untuk menyatakan dua ratus kilo (meter) ke Darwin.

Selain itu, cerita lain disampaikan oleh Syifa. Menurutnya, huruf "K" yang berarti ribu berasal dari bahasa Yunani ( Greek/Greece), yakni “cilia”/“Chilo”. Yang mengadaptasi istilah ini pertama kali adalah grup riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975. Kemudian diperkenalkan oleh sistem metrik perancis pada tahun 1979. Kemudian sistem penghitungan ini mulai banyak yang mengadopsinya hingga sekarang kita bisa menemukannya pada harga barang dan jumlah pengikut akun media sosial.

Dalam penjelasannya, penggunaan huruf "K" untuk menyatakan ribu tentu banyak keuntungannya. Selain mempersingkat penulisan, juga bisa menghemat tempat. Beberapa contoh penggunaan huruf "K" untuk menyingkat angka besar yang terlalu banyak angka nol. Seperti, 1K = 1.000, 10K = 10.000, dan sebagainya.

Lalu bagaimana dalam kaidah bahasa Indonesia?

Memang betul bahwa huruf "K" bisa digunakan sebagai pengganti ribu, tetapi dalam bentuk formal tidak bisa digunakan. Seperti Rp100K, RP10K, atau RP10 K (dengan spasi). Gaya penulisan tersebut juga tidak baku dalam bahasa Inggris.

Bagaimana menurutmu?

Artikel yang berkaitan
Komentar