Bahasa Indonesia, Bahasa Internasional?

ditulis oleh: Desi Ari Sandi

Sebelum kita membaca artikel ini dengan saksama, mari kita berandai-andai terlebih dahulu. Seandainya bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional, kita sebagai orang Indonesia bangga, bukan? Menurutmu, apakah bahasa Indonesia berpeluang untuk menjadi bahasa internasional? Berikut merupakan beberapa fakta menarik mengenai bahasa Indonesia di mata dunia.

Perkembangan bahasa Indonesia di luar negeri sangatlah pesat. Berdasarkan data dari Kementerian Luar Negeri pada tahun 2012, bahasa Indonesia memiliki penutur asli yang tersebar di luar negeri sebanyak 4.463.950 orang (kompas.com dalam Muliastuti, 2017, hlm. 1). Penyebaran pemakaian bahasa Indonesia diawali dari ASEAN hingga kawasan lainnya. Tercatat sejak tahun 2007, Vietnam menempatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa asing kedua (Ibid dalam Muliastuti, 2017, hlm. 1). Lebih fantastisnya lagi, bahasa Indonesia sudah dipelajari di 45 negara di dunia, yaitu Australia, Jepang, Jerman, Korea, Rusia, Mesir, dan lain-lain. Hal ini menyebabkan bahasa Indonesia menempati peringkat ke-10 dalam hal bahasa yang paling banyak dipelajari di berbagai negara. 

Bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer di Australia. Kurang lebih 500 sekolah pada tingkat dasar mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, bahasa Indonesia dijadikan bahasa yang wajib dipelajari di tingkat sekolah dasar. Beberapa perguruan tingginya juga menyediakan jurusan bahasa atau sastra Indonesia. 

Selain di Australia, bahasa Indonesia juga sangat populer di Jepang. Saat ini ada beberapa Universitas di Jepang yang menyediakan jurusan bahasa Indonesia, antara lain Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Sango Kyoto, dan Universitas Setsunan.

Fakta menarik lainnya, salah satu pusat studi Indonesia yang berkembang pesat berada di Afrika, tepatnya di negara Mesir. Pusat studi ini berada di Suez Canal University. Salah satu program yang terkenal di Suez Canal University ini, yakni mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan, dan keamanan. Mesir tercatat sebagai negara paling utama mengembangkan bahasa Indonesia. 

Kehebatan bahasa Indonesia juga dapat dilihat dari website yang sudah populer di masyarakat, yaitu Wikipedia. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang mengunggah artikel pada Wikipedia. Hal ini menyebabkan Wikipedia bahasa Indonesia mendapat peringkat ke-6 di Asia dan berada di peringkat ke-22 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia.

Berdasarkan beberapa fakta menarik mengenai bahasa Indonesia yang telah dipaparkan. Bukan sebuah kemustahilan bila kelak bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional. Maka, kita sebagai penutur asli bahasa Indonesia harus selalu mengutamakan bahasa Indonesia. Jika bukan kita yang mengutamakan bahasa Indonesia, siapa lagi?


Sumber:

Dcljr. (2019). List of Wikipedias. [Daring],  Diakses dari https://meta.wikimedia.org/wiki/List_of_Wikipedias

Kompas. (2013). Bipa Tingkatkan Fungsi Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Internasional. [Daring]. Diakses dari https://edukasi.kompas.com/read/2013/10/23/1253102/BIPA.Tingkatkan.Fungsi.Bahasa.Indonesia.Menjadi.Bahasa.Internasional

Kusuma. (2013). Bahasa Indonesia di Mata Dunia. [Daring]. Diakses dari https://kusuma1506.wordpress.com/2013/10/17/bahasa-indonesia-di-mata-dunia/

Muliastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Artikel yang berkaitan
Komentar