Apakah "yang mana" dan "di mana" merupakan konjungsi?

ditulis oleh: Teti Julianti

Menurut Kridalaksana (2008, hlm. 131), konjungsi adalah suatu kategori yang memiliki fungsi sebagai memperluas satuan yang lain dalam konstruksi hipotaktis dan selalu menghubungkan dua satuan atau lebih dalam suatu konstruksi. Menurut KBBI V, konjungsi merupakan kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Sederhananya, konjungsi disebut kata hubung. Contoh konjungsi antara lain dan, atau, serta, ketika, dengan, dan lain-lain.

Tentunya, kita sudah sering menggunakan konjungsi dalam komunikasi tulis maupun lisan. Namun, kita sering kali bingung memilih konjungsi yang tepat. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan, yaitu penggunaan "yang mana" dan "di mana" sebagai konjungsi. Mengapa kita tidak boleh menggunakan "yang mana" dan "di mana" sebagai konjungsi? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita cermati beberapa contoh penggunaan "di mana" dan "yang mana" sebagai konjungsi berikut ini.

1. Real Madrid berpesta gol saat menjamu Real Sociedad di pekan 13 Liga Spanyol. El Real memetik kemenangan meyakinkan dengan skor 5-1, di mana tiga gol di antaranya dibuat Cristiano Ronaldo. ("Bantai Sociedad, CR7 Pimpin El Pichichi").

Selintas kalimat nomor satu tidak salah karena makna yang disampaikannya sudah jelas. Akan tetapi, kalimat tersebut menggunakan "di mana" sebagai konjungsi. 

2. Hera akan pergi ke Baleendah Bandung, yang mana merupakan tempat tinggal ayahnya.

Kalimat nomor dua juga sama nasibnya dengan kalimat nomor satu. Mempunyai makna jelas yang ingin disampaikan, tetapi masih menggunakan konjungsi yang tidak tepat.

Sebagai penggantinya, dapat digunakan kata tempat, sebagai, yang, dan, dengan, atau kata lain tergantung pada konteks kalimatnya.

Bagaimana cara memperbaiki kalimat nomor satu dan dua? Kita harus menghilangkan "yang mana" dan "di mana" ataupun menggantinya dengan kata yang tepat. Berikut merupakan perbaikan kalimat nomor satu dan dua.

1. Real Madrid berpesta gol saat menjamu Real Sociedad di pekan 13 Liga Spanyol. El Real memetik kemenangan meyakinkan dengan skor 5-1 yang tiga gol di antaranya dibuat Cristiano Ronaldo. ("Bantai Sociedad, CR7 Pimpin El Pichichi").

2. Hera akan pergi ke Baleendah Bandung tempat ayahnya tinggal.

Hal ini mungkin terjadi karena lema ini dianggap sebagai padanan kata where atau which dalam fungsinya sebagai penghubung dalam bahasa Inggris. Penggunaan lema di mana seperti ini harus dihindari karena tidak sesuai dengan makna dan fungsi lema ini.

Kata "yang mana" dan "di mana" akan lebih tepat jika digunakan sebagai kata tanya. contohnya:

1. Di mana Ronaldo mencetak gol?

2. Yang mana rumah ayahnya Hera?

Kata "yang mana" dan "di mana" bukan konjungsi, melainkan kata tanya.


Sumber:

Kridalaksana, H.(2008). Kamus lingustik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Artikel yang berkaitan
Komentar