Afiksasi

ditulis oleh: Meilani Puji Astini

Dalam kehidupan sehari-hari kita akrab menggunakan afiksasi. Lalu, apa yang dimaksud dengan afiksasi? 

Menurut Kridalaksana dalam buku yang berjudul Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia (2010: 8) afiksasi adalah proses yang mengubah leksem menjadi kata kompleks. Secara sederhana, afiksasi merupakan proses pembubuhan imbuhan dalam pembentukan kata terhadap bentuk dasar.

Perhatikan kata berikut ini.

tinju - bertinju - petinju

suruh - menyuruh - penyuruh 

getar - gemetar 

tulis - tulisan 

bersih - pembersihan 

Apa yang kalian cermati dari kata-kata tersebut? 

Yap, itu kata yang mengalami afiksasi. Ternyata, dalam bahasa Indonesia dikenal jenis-jenis afiks, loh! Berikut ini jenis afiks disertai hasil afiksasi atau kata yang sudah mengalami imbuhan.

1. Prefiks merupakan afiks yang diletakkan di muka dasar. Contoh: me- (menangis), ber- (berpikir), ke- (ketawa), ter- (terpesona), pe- (penyanyi), per- (perbagus), se- (sebesar). 

2. Infiks merupakan afiks yang diletakkan di dalam dasar. Contoh: -el- (telapak), -er- (seruling), -em- (gemetar), -in- (kesinambungan).

3. Sufiks merupakan afiks yang diletakkan di belakang dasar. Contoh: -an (lapangan), -kan (robohkan), dan -i (hormati). 

4. Similfiks merupakan afiks yang dimanifestasikan dengan ciri-ciri segmental yang dileburkan pada dasar. Contoh: kopi - ngopi, kebut - ngebut, sate - nyate.

5. Konfiks merupakan afiks yang terdiri atas dua unsur, satu di muka bentuk dasar dan satu di belakang bentuk dasar. Contoh: ke-an (kebakaran), pe-an (pengotoran), per-an (pertunjukkan), ber-an (berlarian). 

6. Kombinasi afiks merupakan kombinasi dari dua afiks atau lebih yang bergabung dengan kata dasar. Contoh: memper-kan (mempersoalkan), pemer-an (pemerolehan), penye-an (penyerasian).


Nah, berikut contoh-contoh afiks dan hasil dari afiksasi dan masih banyak lagi imbuhan yang terdapat dalam bahasa Indonesia. 

Sumber: Kridalaksana, H. 2010. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Artikel yang berkaitan
Komentar