3 M 1 B Mutlak Harus Dikuasai!

ditulis oleh: Desi Ari Sandi

3 M 1 B itu semacam kode rahasia? Atau semacam bahasa alay, bila dibaca menjadi “EMIB”? Tentu saja bukan. 3 M 1 B yang terdapat dalam judul artikel ini yaitu Menyimak, Membaca, Menulis, dan Berbicara. Yaps, betul keterampilan berbahasa. Ingat, pembahasan kali ini tentang keterampilan bukan tentang kemampuan. Keduanya jelas berbeda.

Keterampilan berbahasa merupakan kecakapan yang dimiliki oleh seseorang untuk menggunakan bahasa secara baik, benar, dan bijak. Semua orang harus memiliki kemampuan berbahasa karena akan sangat bermanfaat dalam berkomunikasi di masyarakat.

Kita bahas satu per satu, yuk!
1. Menyimak
Menyimak berbeda dengan mendengar, loh. Tolong jangan disamakan, ya! Menyimak merupakan proses mendengar dan memahami secara saksama sehingga penyimak dapat menafsirkan hal-hal yang telah disimaknya. Keterampilan menyimak ini harus dipelajari dengan baik dan tidak boleh dianggap sepele. Akan tetapi, evaluasi terhadap keterampilan menyimak khusus di pelajaran bahasa Indonesia masih terbilang minim, ya. Berbeda dengan pelajaran bahasa Inggris yang sangat mengedepankan "Listening". Mengapa demikian, ya?

2. Membaca
Membaca merupakan proses melihat, memperhatikan, dan memahami semua isi tulisan sehingga pembaca dapat menafsirkan tulisan tersebut. Namun, membaca seringkali dianggap sebagai salah satu keterampilan berbahasa yang membosankan di pelajaran bahasa Indonesia. Padahal manfaat membaca itu sangat banyak. Selain mendapatkan informasi, membaca juga dapat melatih kemampuan otot mata kita, loh. Mulai sekarang kita rajin membaca, yuk!

3. Menulis
Menulis merupakan proses untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, dan perasaan kepada pihak lain melalui tulisan. Keterampilan berbahasa ini cukup ditakuti oleh pelajar khususnya di pelajaran bahasa Indonesia. Banyak yang beranggapan, bila kita menulis berarti harus khatam KBBI dan PUEBI. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, kok, tetapi jangan sampai menciutkan niat kita untuk menulis. Tidak ada salahnya kok kita menulis sambil mempelajari KBBI dan PUEBI, salah juga tidak apa-apa. Namanya juga belajar.

4. Berbicara
Berbicara merupakan proses untuk mengungkapkan gagasan, pikiran, dan perasaan kepada pihak lain melalui lisan. Hampir sama dengan menulis ya, bedanya hanya cara penyampaiannya. Seseorang yang ingin terampil berbicara berarti harus terampil juga menaklukan rasa takut dan grogi. Semua orang pasti bisa terampil berbicara di depan umum, asalkan punya niat dan tekad yang kuat.

Jadi, kita semua siap kan mempelajari semua keterampilan berbahasa dengan sungguh-sungguh? Ingat, semua keterampilan berbahasa itu penting. Jangan ada yang ditakuti, jangan ada yang disepelekan. Mari kita menjadi seseorang yang terampil berbahasa.

Artikel yang berkaitan
Komentar