Seputar Teks Ulasan

ditulis oleh: Yulia Yulian

Dalam pengategorian teks, ulasan termasuk ke dalam jenis discussion, yaitu teks yang berfungsi untuk membahas berbagai pandangan mengenai suatu objek, isu, atau masalah tertentu. Ulasan termasuk ke dalam jenis teks argumentatif. Di dalam teks tersebut disajikan banyak pendapat berdasarkan interpretasi ataupun penafsiran dari perspektif tertentu dengan disertai fakta-fakta pendukungnya. Dengan demikian, di dalam suatu penjelasan akan ada argumen dan fakta-fakta. Berikut penjelasannya:

a. argumen atau pendapat pada umumnya dinyatakan dalam bagian isi, berupa komentar terhadap aspek-aspek yang ada di dalam suatu karya yang diulasnya. Di dalamnya dapat berupa tanggapan ataupun penilaian positif/negatif;

b. fakta dinyatakan dalam gambaran umum tentang identitas suatu karya.Fakta digunakan untuk mendukung suatu pendapat.


Adapun struktur teks ulasan terdiri dari:

a. identitas karya yang mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku (karya lain);

b. orientasi dalam paragraf pertama;

c. sinopsis berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi karya;

d. analisis berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur karya;

e. evaluasi berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.


Sebagai suatu teks, teks ulasan memiliki kaidah kebahasaan yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Kaidah kebahasaan teks ulasan antara lain:

a. banyak menggunakan kata sifat sebagai bentuk pendapat dan penilaian unsur-unsur suatu karya. Kata-kata yang dimaksud misalnya tinggi, pintar, bagus, kurang, menarik, dan lain-lain;

b. banyak menggunakan kata yang menyatakan perincian aspek. Hal ini ditandai oleh penggunaan kata-kata seperti berdasarkan, dari segi, kedua, terakhir, adapun, sementara itu, dan lain-lain;

c. karena sifanya yang argumentatif, dalam suatu ulasan banyak dijumpai pernyataan berupa pendapat, yang kemudian ditunjang pula oleh fakta. Kehadiran fakta berfungsi sebagai sarana untuk memperjelas pendapat;

d. sebagai suatu ulasan karya, teks ulasan banyak menggunakan kata teknis sesuai dengan bidang karya tersebut, seperti babak, properti, dialog, teater, perwatakan, dan alur untuk mengulas karya film atau drama.


Ragam bentuk teks ulasan

Berdasarkan cara penyampaiannya, teks ulasan dapat berbentuk lisan dan tertulis.

a. Berbentuk lisan Dijumpai dalam percakapan biasa dan dalam forum diskusi. Ulasan dalam bentuk lisan pada umumnya tidak terstruktur dengan baik, terutama dalam konteks percakapan biasa, bentuk ulasannya cenderung tidak lengkap dan bersifat spontanitas. Ragam bahasa yang digunakan pun tidak baku, tetapi dapat lebih mudah dipahami.

b. Berbentuk tertulis Dijumpai dalam bentuk makalah atau laporan, artikel, ataupun esai. Strukturnya lebih sistematis dan lengkap. Bahasa yang digunakan pun cenderung baku.

Berdasarkan struktur penyajiannya, teks ulasan dapat berbentuk populer dan formal.

a. Ulasan berbentuk populer tidak menggunakan pembagian secara jelas. Pendahuluan, sinopsis, dan analisisnya bersifat tersirat. Ulasan berbentuk populer juga lebih ringkas. Hal tersebut bisa dimaklumi karena ulasan populer umumnya dimuat di media massa yang jumlah ruangnya sangat terbatas.

b. Ulasan berbentuk formal, bagian-bagian pembahasannya dinyatakan secara tersurat dan lebih lengkap. Ulasan ini sering kali disertai dengan daftar pustaka, kata pengantar, dan daftar isi. Penyajiannya berbentuk makalah (seminar) atau laporan tugas belajar.


Sumber: Kosasih, E. 2017. Jenis-jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Penerbit Yrama Widya.


COMMENTS