Selayang Pandang Bunyi Bahasa

Halo! kesempatan kali ini, kita akan meneruskan bahasan tentang fonologi. Artikel ini akan membahas tentang bunyi bahasa. Tentu saja ini adalah bagian ilmu fonologi. Siapa yang sudah menunggu? Yuk, duduk manis sembari meminum secangkir teh dan simak, ya!

Tambahan: bagi yang belum menyimak perkenalan tentang fonologi, kunjungi artikel ini Mari Berkenalan dengan Fonologi

Bunyi bahasa merupakan unsur bahasa yang paling kecil. Bunyi bahasa merupakan bunyi dan perwujudan setiap bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia yang berperan di dalam bahasa. Bunyi bahasa menyangkut getaran udara. Hal ini terjadi karena dua benda atau lebih bergeseran atau berbenturan. Sebagai getaran udara, bunyi bahasa merupakan suara yang dikeluarkan oleh mulut, kemudian gelombang-gelombang bunyi dapat diterima oleh telinga. Sederhananya, bunyi bahasa membahas bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia seperti pita suara, lidah, dan bibir.

Bunyi bahasa adalah bunyi yang menjadi perhatian para ahli bahasa. Bunyi bahasa ini merupakan sarana komunikasi melalui bahasa dengan cara lisan. Dalam pembentukan bunyi bahasa ada tiga faktor utama yang terlibat, yaitu (1) sumber tenaga, (2) alat ucap penghasil getaran, dan (3) rongga pengubah getaran.

Perbedaan bunyi yang beragam, membuat fungsinya mempunyai perbedaan arti. Kajian bunyi bahasa ini disebut fonetik. Fonetik dapat didefinisikan sebagai kajian tentang bunyi bahasa, pembentukannya, frekuensinya sebagai getaran udara, dan cara penerimaannya oleh telinga. Misalnya, perbedaan penyuaraan konsonan letup dwibibir antara nirsuara ([p]ak) dan bersuara ([b]ak). Berdasarkan proses kejadian bunyi bahasa tersebut, fonetik dibagi menjadi tiga jenis, yakni (1) fonetik artikulatoris, (2) fonetik akustis, dan (3) fonetik auditoris.

Selain mempelajari kajian bunyi bahasa, kita perlu tahu beberapa konsep bunyi bahasa, yaitu:
1. Vokal dan konsonan
2. Diftong dan gugus konsonan
3. Fonem dan grafem
4. Fonotaktik

Wow, ternyata lumayan banyak, ya! Namun, tetap menarik, kan? Maka dari itu, jangan pernah meninggalkan fokus dan perhatianmu terhadapku, ya :D Simak kelanjutannya! Salam #LiterasiMemesat.

COMMENTS