Mengenal Teks Iklan

ditulis oleh: Ali Hasan Asyari

Hampir setiap hari kita menemui berbagai iklan yang menawarkan barang atau jasa  melalui berbagai media seperti televisi, radio, internet, koran, atau media lain. Tujuannya, agar orang lain membeli atau menikmati barang atau jasa. Iklan adalah jenis teks yang mengomunikasikan suatu pesan, gagasan, ataupun pikiran kepada orang lain, dan cenderung bersifat persuasif.

Namun, iklan juga mempunyai fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaan yang harus kita ketahui. Bagaimana penjelasannya? Simak, yuk!

Dalam bahasa Inggris, iklan dikenal dengan advertising yang berasal dari bahasa latin ad-vere yang berarti menyampaikan pikiran dan gagasan kepada orang lain. Sementara itu, dalam bahasa Arab adalah i'lan yang berarti "pengumuman". Bahasa Indonesia mengadopsi dari bahasa Arab, yakni iklan.

Berdasarkan pengertiannya, iklan adalah salah satu media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat yang dibuat se-menarik mungkin dengan tujuan agar masyarakat tertarik mengenali, membeli, atau menikmati barang atau jasa tersebut. Selain itu, iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang di media seperti koran, majalah atau di tempat umum lainnya.

Berdasarkan fungsinya, iklan termasuk kategori teks persuasif. Iklan menyampaikan sejumlah pemberitahuan, informasi sehingga bisa menggugah orang khalayak untuk bersikap atau berbuat sesuai dengan keinginan pembuat iklan. Berdasarkan isinya, ada iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dan iklan penawaran. Dengan beragamnya iklan, dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

a. Iklan strategis, digunakan untuk membangun merek ataupun citra positif suatu perusahaan, seperti mempromosikan nilai merek dan manfaat produk.

b. Iklan taktis, dirancang untuk mendorong konsumen agar melakukan respons terhadap merek tertentu.

Dengan banyaknya jenis iklan, hal ini menjelaskan bahwa iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan produk. Akan tetapi lebih dari itu, iklan turut berpengaruh dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera dan jati diri masyarakat. Berikut tujuan atau fungsi iklan lainnya.

a. Fungsi informasional, iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik dan manfaat suatu produk.

b. Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, dan sebagainya.


Struktur Teks Iklan

Secara umum terdapat unsur-unsur mendasar yang membentuk sebuah iklan. Berikut adalah struktur untuk membuat teks iklan.

a. Judul, misalnya:

"Cara Mendapatkan $1000 dalam Sehari dengan Binomo".

b. Teks inti atau teks utama, misalnya:

"Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan $1000 dalam sehari tanpa meninggalkan rumah".

c. Kalimat dasar, yang umumnya dipergunakan untuk mengetengahkan slogan. Misalnya:

"Semua orang bisa menghasilkan $1000 sehari".

d. Logo (nama perusahaan atau nama produk)

e. Foto produk

Dalam kenyataannya unsur-unsur tersebut tidak selalu berurutan. Kreativitas pembuat yang membuat kekhasan dalam iklan.


Kaidah Teks Iklan

Dalam iklan, bahasa memang menempati posisi yang sangat penting yang peranannya sebagai penggugah, daya tarik, dan penyampai informasi.

a. Sebagai penggugah

Bahasa iklan harus memberikan kesadaran baru pada khalayak berkaitan dengan barang/jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, kata-kata yang muncul umumnya bersifat persuasif, bujukan atau dorongan.

Contoh:

"Dapatkan kesuksesan dan mulai Binomo bersama saya!"

b. Mengandung daya tarik

Bahasa iklan sering kali menggunakan bahasa yang sederhana, mudah diingat, dan mudah pula dipahami. Oleh karena itu, kalimat yang akrab di tengah-tengah khalayak yang sering digunakan.

Contoh:

"Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan $1000 dalam sehari tanpa meninggalkan rumah. Wow!"

c. Menyampaikan informasi

Khalayak menuntut gambaran jelas tentang barang/jasa yang ditawarkan untuk mengetahui keunggulannya. Informasi ini yang diperlukan untuk mengetahui perbedaan (nilai lebih) dengan produk lainnya.

Contoh:

"Semua yang anda lihat ini (rumah besar) bisa saya raih dalam waktu kurang dari satu tahun."


Bagaimana? Menarik, kan? Maka dari itu, mulai ikuti Aku Bahasa untuk selalu mendapatkan literasi menarik dan memesat bersama saya.

COMMENTS